Musim Jamur/Tengkong tiba, Tiap Pagi jadi Deg-degan

Yusuf Bimbi
Oleh -
0
Musim hujan sudah mulai membawa banyak berkah untuk segala mahluk hidup. Bagi pak tani ini saat nya menanam padi.
Sementara bagi yang gak punya sawah sabar dulu, bisa dapat rejeki lewat yang lain, salah satu nya bisa mendapatkan jamur/tengkong.
Saya sendiri paling suka makan jamur terutama jamur barat, masyarakat Sasak menyebutnya tengkong bulan. Ada juga jenis jamur lain seperti tengkong manok, Kaling/ jamur tiram atau berbagai jenis jamur yang tumbuh di batang batang pohon lapuk.
Yang paling banyak dimakan adalah jamur barat ini, sementara untuk berbagai jenis jamur yang tumbuh di batang batang pohon yang lapuk kurang disukai.
Jamur barat biasanya tumbuh di sela sela semak belukar, di pematang sawah yang gembur atau di kebun kebun.
Tandanya mulai musim jamur sangat gampang, yakni anda akan mendapatkan jamur itu sendiri yang tumbuh entah di kebun bahkan di samping rumah anda seperti di samping rumah saya. Al-hamdulillah.

Nah kalau sudah ketemu sekali biasanya akan tumbuh terus menerus sampai musim jamur itu berhenti, ingat selalu tandai tempat nya karena tahun depan kebiasaan nya akan tumbuh ditempat itu lagi.
Jamur sangat enak dibuat menjadi sambal ataupun dicampur dengan sayur sayur yang lain. Jadi sebelum musim jamurnya hilang, yuuk rutin cari jamur tiap pagi dikesempatan pertama sebelum  didahului oleh warga yang lain.
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Komentar Anda

Posting Komentar (0)