Pakan Untuk Budidaya Mentok / Entok / Manila / Itik

Yusuf Bimbi
Oleh -
3
Ada banyak jenis pakan yang bisa diberikan untuk itik / Mentok / Entok / Itik Manila. Yang akan kita bahas di bawah adalah pakan herbal yang sehat lagi menguatkan.

Agar pemeliharaan mentok tidak terlalu banyak menghabiskan biaya dengan membeli pakan jadi berupa pelet, maka baiknya mentok diberi makanan alami yang murah meriah saja.

Berikut daftar makanan yang bisa diberikan.
1. Sisa nasi dari dapur anda.
2. Nasi campur dedak. Persentase pencampurannya sesuka hati anda saja. Bisa 50/50, 20/70, 70/20, plus air. Kalau saya sih biasanya nasi sekitar 30 persen dengan dedak 70an %.
3. Nasi, dedak, daun pepaya. Daun pepaya di cacah kecil-kecil saja. Daun pepaya sangat baik untuk pencernaan. Berdasarkan pengalaman itik saya sangat senang dengan daun pepaya.pencampuran bisa 30,50,20.
4. Nasi, dedak, kangkung. pencampuran bisa 30,50,20.
5. Nasi, dedak, rumput yang sudah di cacah kecil-kecil, pencampuran bisa 30,50,20.
6. Nasi, Dedak, eceng gondok dicacah kecil-kecil,  pencampuran bisa 30,50,20.
Dan berbagai jenis makanan alami lainnya.
Biasanya mentok juga akan berburu serangga seperti lalat, belalang, jangkrik, kecoa dan seranga-serangga maupun binatang kecil lainnya yang bisa di makan di halaman termasuk cacing.


Jangan lupa saat mentok bertelur bisa dikasi makanan berupa siput yang sudah dicacah untuk siput yang besar-besar, untuk yang kecil bisa langsung dikasi.

Agar mentok tetap sehat, beri juga minuman penambah daya tahan tubuh berupa air dicampur gilingan bawang putih, secukupnya saja.

Saya ada pengalaman itik saya pernah terserang penyakit, bahasa lomboknya sejenis koyan, terlihat mentok berjalan goyang-goyang, mencret dan lain sebagainya. Langsung saya beri minum air yang sudah dicampur gilingan bawang putih. Al-hamdulillah semua sembuh, tak ada yang mati.

Padahal penyakit ini sangat ditakuti masyarakat, karena apabila sudah mewabah, biasanya membuat unggas pada mati.

Kabar baik untuk pencinta mentok, harga mentok sekarang cukup tinggi, untuk yang masih muda biasanya seharga, 75-80 ribu, yang tua bisa 100-150 ribu. Khusus untuk mentok jantan antara 200-250 ribu.

Dengan memberi pakan alami seperti contoh pakan diatas, diharapkan mentok peliharaan anda akan sehat semua, sehingga jika diternak sebagai bisnis, akan memberikan keuntungan yang besar dengan penggunaan modal yang sekecil-kecilnya.

Video mentok saya lagi bergosip dan bermain dengan temannya.

Posting Komentar

3Komentar

Komentar Anda

  1. hallo salam kenal, saya telah membaca artikel ini, terima kasih sudah berbagi ilmu dan pengalaman budidaya entog, saya pemula di bisnis ini, dan artikel ini sangat membantu, insya Allah saya praktekkan, belajar dari yang sudah pengalaman, sekali lagi terima kasih, semoga sukses selalu

    BalasHapus
Posting Komentar