Keajaiban Tumbuhan di Tanah Lombok

Yusuf Bimbi
Oleh -
0

Tahukah anda, banyak keajaiban tersimpan di tanah Lombok yang seharusnya anda juga dapat menikmatinya. Berikut beberapa ulasan tentang tanaman dan buah yang harus anda ketahui sehingga  jika anda datang berkunjung ke Lombok dapat menikmatinya.

1. Kangkung. Sebenarnya ini tanaman biasa yang banyak tumbuh di tanah air. Dan memang di tempat-tempat lain di luar pulau Lombok, Kangkung ini tidak dianggap enak dan lezat. Tahukah anda sebabnya dianggap biasa? Karena di daerah lain, kangkung ini kurus dan mirip rumput saja. Tapi di Lombok, Kangkung terlihat berbeda dan bongsor-bongsor, rasanya juga 7 kali lipat lebih enak. 
Sehingga restoran-restoran luar daerah banyak memesan kangkung langsung dari Lombok. Bahkan misan saya yang di Batam harus mendatangkan Kangkung Lombok di Rumah Makannya.

Jadi salah satu makanan spesial di Lombok adalah "Pelecing Kangkung" yang bahan utamanya dari Kangkung. Pengalaman beberapa teman saya dari luar daerah  yang mencoba menanam kangkung Lombok di sana, ternyata tidak bisa tumbuh seperti Kangkung di Lombok, yang tumbuh hanya kangkung mirip rumput saja. Walaupun diberi pupuk tetapi tidak bisa maksimal.
Kangkung Lombok - Katerina
Kangkung Lombok Tanpa Daun

Kangkung Lombok - Photo Bakorluh NTB

Kangkung Daerah Lain - Photo Republika

2. Kemangi. Kemangi Lombok sangat spesial karena baunya yang tidak terlalu menyengat dan kelezatannya sangat pas sebagai lalapan maupun penyedap sayur bening. Kemangi dari luar daerah konon berbau sangat keras alias agak pengit.

Pengalaman teman saya, orang tuanya di luar daerah selalu minta oleh-oleh daun kemangi asal Lombok yang lezat. Jadi ada lalapan Kemangi Lombok dan Sayur Bening campur daun Kemangi Lombok. Jangan lupa kalau datang ke lombok minta lalapan kemangi lombok.
Kemangi Lombok



Kemangi Daerah Lain

3. Daun Katuk. Daun katuk sering dijadikan sayur bening. Daun katuk di Lombok dikenal dengan nama Sager. Selain di sayur, katuk digunakan untuk fermentasi Kue "Poteng" yang sangat terkenal di Lombok.

Orang Tua teman saya yang di luar daerah juga bermimpi ingin menanam Katuk Lombok di daerahnya.

Jadi jangan lupa sayur bening daun katuk alias "daun sager" kalau datang ke Lombok, atau hidangan Poteng yang bahannya juga dari daun sager.
Daun Sager Lombok

Daun Katuk Daerah Lain

4. Jeruk Limau. Jeruk Limau Lombok dikenal dengan nama Monte. Jeruk ini  juga sangat spesial.  Biasanya dijadikan penyedap pada berbagai jenis makanan, seperti sambal cabai pedas, beberok, pelecing kangkung, bebalung, sambel terasi dan berbagai makanan lainnya.

Monte lombok memiliki citarasa dan bau khas tersendiri. Beda jauh dengan Monte dari daerah lain dari luar pulau Lombok. Pengalaman teman saya dari luar pulau Lombok, jeruk limau di sana justru mirip jeruk purut yang jelek dan kurang enak.
Monte - Ilustrasi


Jeruk Limau Daerah  lain- Ilustrasi



5. Paprica. Paprica memang bukan asli tanaman Lombok, tetapi kalau di tanam di Lombok ternyata memiliki kelebihan tersendiri.  Berdasarkan pengalaman teman saya, Paprica yang di tanam di polibag di Lombok saat di bawa ke luar pulau Lombok sangat tahan. Bahkan saat dibandingkan dengan Paprica yang di baru di petik di daerah lain hanya dalam 2 hari sudah lemas. Sedangkan Paprica asal Lombok bisa tahan sampai 5 hari.
Ilustrasi Paprica Lombok


Ilustrasi Paprica Daerah Lain

Posting Komentar

0Komentar

Komentar Anda

Posting Komentar (0)