Fakta-Fakta seputar kartu ATM yang bikin lemes

Yusuf Bimbi
Oleh -
0
Berikut beberapa fakta-fakta seputar kartu ATM yang bikin lemes.
  1. Jangan pernah menggunakan kartu ATM di depan teman, pacar, ataupun orang banyak, hal ini sangat berbahaya bagi jari jemari anda yang sebelumnya hanya akan menekan tombol penarikan 100.000,- berubah menjadi 1.000.000 ataupun 5.000.000,- hanya karena malu mengambil uang dalam jumlah kecil. Usahakan mengambil uang di ATM yang jauh dari teman-teman anda dan orang yang anda kenal.
  2. Jangan membawa kartu ATM ke tempat-tempat perbelanjaan seperti Mall dan toko-toko besar lainnya, hal ini sangat rawan terkena gesek ataupun gesek tunai oleh diri anda sendiri yang bisa menguras tabungan karena anda tak bisa mengendalikan diri sendiri. Lebih baik bawa uang tunai secukupnya saja.
  3. Jangan pernah menggunakan ATM di tempat yang sepi seorang diri, anda sangat rawan menjadi korban kejahatan. Lihat juga sekeliling sebelum anda memasuki ATM yang sepi, jika anda melihat seseorang menggunakan HELM/cadar/topeng sedang menunggu atau sekilas terlihat di suatu sisi ATM dengan kepentingan tidak jelas lebih baik balik kembali.(Banyak korban kejahatan dipukul dari belakang sesaat setelah memasukkan PINnya, lalu uangnya dikuras ataupun ditransfer oleh penjahat yang menggunakan HELM/cadar/topeng. HELM/cadar/topeng digunakan agar wajah tidak terekam CCTV)
  4. Selalu perhatikan benda-benda yang tampak asing dan mencurigakan di mesin ATM atau sekitarnya, mungkin itu adalah alat skimming ataupun alat untuk merekam PIN dan mengcopy data ATM anda.
  5. Jangan pernah menyimpan PIN ATM di handphone, di dompet, atau anda tulis sendiri menggunakan spidol yang ditempel lakban di kartu ATMnya.
  6. Pastikan ATM tidak tertelan mesin ATM karena anda salah memasukkan PIN berkali-kali.

Posting Komentar

0Komentar

Komentar Anda

Posting Komentar (0)