Berburu Ikan di Bendungan Pandan Dure

Yusuf Bimbi
Oleh -
0
Berburu Ikan di Bendungan Pandan Dure pastinya sangat mengasyikkan. Karena banyak jenis ikan yang bisa anda beli, mulai ikan nila, mujair, lele atau bahkan ikan gurami dan udang-udang kecil (kongkot).

Ikan-ikan ini biasanya dijual di sepanjang jalan di areal pinggir bendungan pandan dure terutama di bagian sebelah timur. Memang jumlah penjual ikan belum terlalu banyak dan kadang anda harus menunggu saat jaring diangkat.

Tetapi untuk yang mau gerak cepat bisa juga langsung pergi ke keramba yang sekarang banyak terdapat di sana. Rasa ikannya juga lebih enak karena merupakan ikan budidaya yang diberikan makan secara teratur.

Di sebelah timur ujung selatan, di wilayah Gerepek, terdapat beberapa keramba yang menjual langsung ikan kepada pembeli. Salah satu contohnya adalah keramba Pak Padli. Kerambanya ditandai dengan Bendera yang saat ini (14/06/2016) merupakan satu-satunya keramba yang pakai bendera.
Keramba Pak Padli
Jenis ikan yang dijual pak Padli adalah ikan Nila dan Ikan Lele, saat tulisan ini diposting, harga 1 Kg Ikan Nila seharga Rp. 22.000,- dan ikan Lele Rp. 15.000,-. Harga ini tentu saja dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan harga pasar.

Nantinya untuk sampai ke tengah anda akan di bawa menggunakan sejenis rakit yang bisa menampung 3-5 orang. Wah asyik juga naik rakit, karena saya sendiri tumben naik rakit.

Menggunakan Rakit ke tengah
Setelah sampai di tengah keramba bisa bersantai dulu atau istirahat sambil merasakan sensasi berada di tengah bendungan Pandan Dure. Bisa juga sambil ngopi atau makan POP Mie, pasti asyik kan? Jangan lupa kalau berjalan di atas keramba harus sangat hati-hati menjaga keseimbangan nanti tergelincir. Maklum berjalannya di atas 2-3 bambu. Jangan lupa juga kalau memegang ponsel harus ekstra hati-hati, sebab kalau tidak hati-hati, sedikit saja anda goyang, ponsel bisa langsung jatuh ke dalam air dan menghilang ke dalam bendungan. Dalamnya di titik ini sekitar 6-7 meter.

Saya bersama Pak Padli (Pemilik Keramba) Istirahat dulu sebelum memilih Ikan.
Setelah itu tinggal pilih jenis ikan yang diinginkan, besarnya atau mau ikan apa. Ada ikan Nila, ada ikan lele, setiap kolom keramba memuat ukuran ikan nila yang berbeda-beda.

Pak Padli sedang menangkap Ikan
Sekarang tinggal bawa pulang ikannya. dan Mengolah sesuai keinginan anda. Bisa dibikin ikan pindang, ikan bakar, ikan goreng kering, ikan asap, ikan pepes atau olahan yang lainnya. Rasa ikan Keramba milik Pak Padli terasa lebih gurih dibandingkan ikan hasil tangkapan jaring. Ikan hasil tangkapan jaring saat dimasak agak berbau lumpur dan rasanya kurang enak.

Saya beli 9 Kg Ikan Nila, sengaja pilih yang kecil-kecil biar banyak.
Terlihat ikan yang saya beli agak kecil-kecil, sengaja memang saya pilih yang ukuran 6-8 ekor per kilo biar daya tampung lebih banyak. Hehe. Maksudnya biar semakin banyak yang dapat makan ikannya.

Lihat Dokumentasi saya saat berburu ikan di Bendungan Pandan Dure via youtube.


Posting Komentar

0Komentar

Komentar Anda

Posting Komentar (0)