Membuka BIOS Toshiba Satellite 2410

Yusuf Bimbi
Oleh -
0

Ada ada saja. Ceritanya saya mau Instal ulang Laptop adik ipar saya merek Toshiba Satellite 2410, saya masukkan CD Booting kok gak kedetek detek. Biasanya sih penyebabnya di BIOS paling yang dijadikan boot priority adalah Hard Disk, jadi mesti dirubah.

Saya mencoba tekan Del saat Boting Gak Bisa, F2, juga gak bisa, F8, eh masuk ke pilihan Safe Mode. Akhirnya setelah cari di Google ketemu juga.

Ternyata untuk masuk ke BIOS menggunakan tombol Esc ditahan, lalu kelik F1.

Tampilan BIOSnya telihat sangat klasik, lalu pilih booting option dan rubah pilihan Hard Disk CDROM, menjadi CD ROM Hard Disk.

Lalu simpan dan Exit.

Berikutnya Booting dari CD sudah bisa dilakukan.

Tapi awas, jangan mencoba menginstall dengan format Hard Disk, karena bisa-bisa Hard Disk gak terbaca. Berdasarkan curhatan di Google ternyata kalau install ulang Laptop merek ginian harus pake install tanpa format hard disk. Jadi pada pilihan format, pilih Leave No Intact Changes, atau lanjut tekan L.

Kenapa jangan diformat, karena kalau di format, driver hard disk akan hilang sehingga gak terbaca. Gitu katanya.

Nah yang kedua kalau booting masih juga belum dilakukan walaupun di BIOS sudah dirubah. Tekan F12, lalu pilih pilihan CD Rom menggunakan tombol panah kanan 1 kali lalu enter.

Ah, gitu aja, bagi yang faham gak masalah, tapi bagi new bie kayak saya, wah susah juga.

==============================
Update 2014:
Dan info baiknya laptop setua gini masih bisa dipakai sampai hari ini, kebetulan  laptop ini sudah diwariskan ke isteri saya sehingga dipakai sama isteri saya.

Sayang baterainya memang udah gak berfungsi lagi sehingga harus full di cok standby baterainya agar laptop tidak mati.

Disamping itu monitornya udah agak sedikit bermasalah, memang penyebabnya sih kayaknya udah terluka sama soderan timah sehingga ada bagian yang terbuka.

Namun al-hamdulillah bisa dipakai normal, bahkan sama saja dengan laptop mahal yang bagus.

Isteri lebih senang ngetik di laptop jadul ini ketimbang menggunakan laptop yang udah lebih canggih, hal ini disebabkan keypadnya yang katanya bagus. Disamping itu speakernya juga berbunyi sangat keras sehingga tidak perlu pakai speker aktiv.

Posting Komentar

0Komentar

Komentar Anda

Posting Komentar (0)