Cara Membuat Empuk Daging Bebek

Yusuf Bimbi
Oleh -
2

Cara ini sebenarnya sudah lazim digunakan orang, tetapi mungkin dari beberapa yang belum mengetahui ada yang penasaran mengapa daging bebek menjadi sangat liat ketika dimasak.

Hal pertama yang bisa anda coba adalah menggunakan air kelapa.

Mula mula setelah bebek dipotong dan dibersihkan, bebek kemudian dimasukkan ke dalam air kelapa dan direbus sampai air kelapa tersebut mendidih.

Jangan lupa air kelapa harus menenggelamkan semua daging bebek.

Kemudian tunggu sampai beberapa saat, lalu coba angkat satu potong daging, kemudian cubit dagingnya.

Jika daging tersebut masih keras dan liat, biarkan mendidih beberapa saat lagi dan ulangi sampai daging dengan mudah sobek ketika dicubit.

Setelah daging dianggap empuk, tiriskan air kelapa baru dimasak seperti biasanya menggunakan ragi ragian khusus yang sudah anda siapkan.

Hal Kedua dengan menggunakan getah Pepaya. Getah pepaya mengandung Enzim papain yang berguna dalam mengempukkan dan melunakkan daging.

Enzim papain juga merupakan zat aktif  untuk memperbaiki pencernaan manusia dan berperan aktif membunuh cacing di pencernaan.

Caranya, ambil getah pepaya dengan cara melukai buah pepaya yang masih muda. Nanti dari lukanya akan keluar getah putih yang akan mengental dan mengeras.

Buatlah 4-5 goresan agar getahnya cukup sekitar 1 sendok makan. Nah getah inilah yang digunakan mencampur bebek yang lagi dimasak.

Bisa juga dengan merendam daging bebek dengan air hangat ditambah getah pepaya selama setengah hingga 1 jam. Baru kemudian dimasak.

===================
Sebenarnya untuk bebek dengan usia yang masih muda, maka dagingnya masih lunak hingga tulangnya. Karena itu belilah bebek atau entok usia antara 4-7 bulan.

Sedangkan untuk bebek yang sudah berusia di atas 1 tahun apalagi bebek jantan, wah lumayan alot juga dagingnya.

Cara lainnya dengan menggunakan parutan nanas dimana daging bebek dibalur dengan nanas yang sudah diparut, biarkan beberapa saat 10-30 menit baru dimasak.

Yang terakhir menggunakan sendok dan pecahan kaca. Kedengarannya memang gak rasional, caranya tenggelamkan sendok atau pecahan gelas 3-4 di dalam panci. Nah dengan begitu daging akan cepat empuk.

Selamat mencoba, berdasarkan pengalaman saya sendiri, daging bebek menjadi renyah dan berasa manis seperti daging burung dara.

Posting Komentar

2Komentar

Komentar Anda

  1. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang cara membuat empuk daging bebebk... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    BalasHapus
Posting Komentar