Gua loang kentok - Gua lubang telinga di Sakra

Yusuf Bimbi
Oleh -
0
Gua loang kentok atau gua lubang telinga merupakan sebuah gua yang mirip dengan lubang telinga kanan, terletak di  kecamatan sakra.Keunikan gua ini karena bentuknya yang menyerupai lubang telinga kanan manusia sampai saluran dalamnya bahkan cairannya yang berwarna putih laksana air telinga.

Keberadaan gua ini menyimpan banyak misteri dan kisah mistis bagi masyarakat yang berada di sekitar area ini. Saat pertama kali pergi tahun 1995 saya menemukan sesaji, demikian juga saat saya pergi kemarin tanggal 6 november 2021.





 
Saya pergi ke gua ini dengan menyebrang sungai dari jalur Dusun Sangupati Bat Desa Mengkuru karena kebetulan ada rumah keluarga di sana. Sekalian saya menitip kendaraan agar aman.

Menurut info yang saya terima saat pergi kemarin, bagi masyarakat yang membawa kendaraan roda dua harus berhati-hati untuk selalu menitipkan kendaraan pada masyakarat agar tidak terjadi kehilangan, sebab banyak kasus warga yang pergi mikat (menangkap burung liar) ataupun pergi merampek (panen padi) yang kehilangan kendaraan.
 
Keberadaan gua ini tepat berada di atas tibu maqam jika diakses dari dusun Sangupati Bat Desa Mengkuru.Kondisi jalan ke area gua masih berupa semak belukar karena jarang didatangi oleh masyarakat. Saat ini memang belum terlalu dikenal masyarakat luas karena memang belum ada publikasi khusus dari pihak-pihak terkait. 
 
Saya sendiri pernah pergi ke gua loang kentok pada kali pertama sekitar tahun 1995 saat saya sekolah SMP, dan melakukan napak tilas kemarin pada 6 Oktober 2021.Tidak ada yang berubah dari gua itu setelah dua puluh tahun lebih saya ke sana karena keberadaan nya yang cukup tersembunyi. 
 
Mitos yang berkembang, banyak masyarakat melakukan ritual besangi di area gua tersebut, kemudian melantunkan azan. Jika beruntung konon air berwarna putih akan keluar meluap. 
 
Buka versi youtubenya

 



Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Komentar Anda

Posting Komentar (0)