Nama Ular dalam Bahasa Sasak

Yusuf Bimbi
Oleh -
9
Nama nama ular dalam bahasa sasak.

Dalam bahasa sasak, ular disebut ulah. Seperti di tempat lain, ular di pulau lombok sangat banyak jenisnya baik itu yang diketahui secara luas maupun yang tidak diketahui. Ular yang diketahui secara jelas adalah ular-ular biasa, sedangkan ular yang tidak diketahui termasuk jenis-jenis ular yang hidup dalam mitos maupun ular gaib. 

Berikut contoh nama nama ular dalam bahasa sasak.
1. Ulah cet = Ular tambang adalah spesies ular tali, warnanya hijau di bagian bawah dan kehitam hitaman  di bagian atas. Ukurannya sebesar kelingking atau tali/tambang. Dalam mitos, konon ular ini pernah menjadi raja ular. Sehingga sebagian percaya, kalau pernah digigit ular ini tidak akan berani digigit ular lainnya lagi. Biasa terdapat di rumput, semak-semak.

2. Ulah bombong = Ular pucuk, warnanya hijau seperti daun pucuk kelapa, biasanya memangsa katak. Suka berada pada semak semak dan rumput.

3. Ulah Sanggit = Ular Hijau ekor mira / green vit Viber. Ulah sanggit bewarna hijau dengan ekor berwarna merah, sangat berbisa dan biasanya bersembunyi di semak semak. Saat mangsa/musuh mendekati, dia akan mengikatkan ekornya pada semak-semak.

4. Ulah Kepu = Ular Jali / Rat Snake. Merupakan ular yang biasa berada di sawah dan memangsa tikus.

5. Ulah Sawaq = Ular Sanca. Ular sanca biasa berada di kebun atau pinggir sungai, ukurannya bisa sangat besar dan suka menelan mangsanya.

6. Ulah Selong = Ular welang / Banded snake. Ulah selong ini berwarna belang hitam putih.  Sering berada di selokan sawah. Mitos yang beredar mengatakan jumlah selongnya/belangnya adalah jumlah hari kematian bagi siapa yang digigit.

7. Ulah Sendok = Ular Kobra. Ular ini berwarna kehitaman, saat ada mangsa atau musuh mendekat, lehernya akan mengembang seperti bentuk sendok, makanya disebut ulah sendok.

8. Ulah Belae = semua ular yang bisa terbang / ular misterius. Dalam mitos sasak, ulah belae merupakan ular yang  terkait dengan mistik, dianggap bisa terbang, punya penunggu, punya kesaktian dsb. Konon para pemilik ilmu sihir tingkat tinggi akan bepergian menunggangi ulah belae saat malam hari ke mana saja mereka mau pergi.


9. Ulah Belae kolo
10. Ulah belae jaran
11. Ulah betok



Posting Komentar

9Komentar

Komentar Anda

  1. ular belae (ulah belae)bhs Sasaknya.yg terbang n tdk terlihat.punya jengger,sura yg jantan kerrr , kerrr yg betina kwekk ,kweekkk,ekornya putih dan berduri sampai ke kepalanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada foto ya gx bang . Sya samoe skrng gx pernh lihat ular belae

      Hapus
  2. pengen lihat aslinya kayak apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ular biasanya di semak-semak atau hutan.. pasti ada

      Hapus
    2. Hanya org2 tertentu yg bsa neliatnya😁

      Hapus
  3. Saya asli orang Lombok,udah 53 saya sering bertanya PD warga yg tinggal dihutan dan gunung tentang ular belae,ceritanya begitu begitu saja.bnyk yg percaya tapi tak ada yg pernah melihat wujud asli ular belae itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah. cerita bisa begitu cepat menyebar dan menular.

      Hapus
  4. Ular blae itu ular viper

    BalasHapus
Posting Komentar