Cara Mudah Memelihara Ikan Sapu-Sapu / Ikan Kapal

Yusuf Bimbi
Oleh -
1
Cara Mudah Memelihara Ikan Sapu-Sapu / Ikan Kapal

Ikan Sapu-Sapu atau bahasa Lomboknya disebut Ikan Kapal merupakan jenis ikan yang mudah dipelihara. Ikan ini termasuk jenis ikan yang kuat dan tahan meskipun di air kotor, ikan ini juga kuat di atas air.

Pengalaman penulis sendiri sekitar tahun 2004 yang membawa pulang satu kardus kotak indomie ikan kapal ke Lombok timur untuk dilepas tanpa air dari kota Mataram, ikan ini bisa bertahan segar bugar, bahkan sekarang berkembang biak luar biasa di Lombok Timur.

Ikan sapu-sapu atau ikan kapal adalah ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis yang termasuk dalam famili Loricariidae. Ikan ini dikenal sebagai pemakan alga/"lumut" dan sangat populer sebagai ikan pembersih akuarium. Dalam perdagangan ikan internasional ia dikenal sebagai plecostomus atau singkatannya, plecos dan plecs.

Untuk cara memeliharanya sangat mudah, tinggal siapkan tempat pemeliharaannya, bisa berupa kolam, kolam terpal, ataupun akuarium. Setelah itu tinggal mencari bibitnya. Nah untuk bibitnya bisa anda dapatkan dipenjual ikan atau berburu sendiri di bendungan, sungai atau membeli di penangkar.

Ikan Sapu-Sapu
Setelah itu tinggal tunggu ikannya berkembang biak. Karena ikan ini makanannya lebih berupa sisa-sisa tumbuhan yang hancur, atau lumut, maka anda tak perlu repot membeli pelet untuk makanan ikan ini. Cukup tebarkan lumut-lumut hijau, atau sejenis Azula yang banyak terdapat di sawah-sawah.

Ikan ini berdasarkan pengamatan penulis sangat cepat perkembang biakannya. Jadi akan sangat menguntungkan kalau dihajatkan untuk konsumsi. Apalagi ikan-ikan ini kalau sudah besar bisa sebesar paha, rata-rata sebesar betis orang dewasa. Kulitnya lumayan tebal.

Cara menangkapnya pun sangat mudah. Ikan ini terlihat sangat pendiam, lamban dan tidak suka bergerak. Berdasarkan pengalaman penulis menangkap ikan ini di sungai. Penulis cuma mendekati beberapa ikan yang berdiam diri menempel di batu, kemudian menginjaknya. Kena deh. Nah kalau mau cepat menangkapnya bisa menggunakan jaring.

Rasa dagingnya gurih, dan renyah. Cara mengolahnya, tangkap ikan, bersihkan kotoran perutnya. Kemudian ikan kapal disiram dengan air mendidih. Nah kalau sudah begini tinggal angkat dan lepas kulitnya.

Setelah kulit dilepas, cabik-cabik dagingnya, digoreng lalu disambal. Wow, enaknya. Jangan lupa, gizi ikan kapal mengalahkan gizi ikan lele lo..


https://id.wikipedia.org/wiki/Sapu-sapu
https://ferboes.com/2014/05/26/apa-bedanya-ikan-sapu-sapu-dengan-ikan-pleco/

Posting Komentar

1Komentar

Komentar Anda

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
Posting Komentar