Membuat Rumah Murah Meriah Dengan Design Unik

Yusuf Bimbi
Oleh -
0
Artikel ini saya buat setelah menonton beberapa video di youtube yang menggambarkan bagaimana membuat rumah secara murah meriah dengan design unik, bahkan bisa dikatakan terlalu murah.

Dari beberapa video yang saya tonton yang memperlihatkan bagaimana cara membuat rumah murah meriah, hanya dua video  yang akan saya bahas.

1. Membuat rumah menggunakan karung atau Polybag.
Hal ini memang terdengar lucu di Indonesia, mana ada orang membuat rumah menggunakan polybag yang diisi tanah atau karung berisi tanah, lalu diplester menggunakan  campuran tanah dan rumput.
Apalagi dengan disain kubah yang terlihat seperti rumah mainan.

coba anda lihat video ini di youtube.
 

Setelah anda menyaksikan video ini, saya yakin anda sudah mendapat gambaran bagaimana membuat sebuah rumah dari polybag atau karung.
Yang dibutuhkan hanya tanah, karung/polybag/, kawat berduri sebagai pengikat polybag serta kayu untuk pintu dan jendela.

Dan dibalik model kubah, ternyata menyimpan berbagai keajaiban, baik untuk kestabilan suhu, kekuatan anti gempa, dll.

Link youtube di bawah akan menunjukkan bahwa model kubah bisa dibuat komplek dengan beberapa kamar sekaligus, bukan saja satu kamar seperti video di atas.


Bayangkan kalau realita saat ini dimana untuk membuat rumah dibutuhkan ratusan juta rupiah, sedangkan untuk membuat rumah polybag ini cukup membeli polybag saja atau karung yang hanya akan menghabisankan beberapa juta saja.

Uang ratusan juta itu sudah anda hemat dan dapat anda gunakan untuk kepentingan lain yang lebih penting.

Dan hebatnya anda tidak perlu berhutang 20 tahun untuk membeli rumah kecil  yang dalam hitungan tahunan sudah rusak akibat bahan-bahan yang sangat jelek.

 2. Membuat rumah menggunakan bata mentah, diplester tanah, kemudian dicat dengan cat kedap air agar tidak terusik hujan.


Rumah  model ini sering kita lihat pada zaman dahulu. Tetapi bukan berarti kita kembali ke zaman dahulu. Rumah tanah juga mengandung nilai seni yang tinggi, di mana bentuk rumah bisa anda bentuk seperti membentuk tanah liat.

Disamping itu, Rumah tanah juga ramah lingkungan, tetap hangat saat musim dingin, atau di malam yang teramat dingin. Berbeda dengan material beton dan keramik. Sementara saat  suhu panas, tanah akan meredam suhu sehingga rumah adem-adem saja.

Kelebihan lainnya, anda bisa membuat rumah tanah di mana saja di lokasi tanah anda, di lokasi dimana kendaraan tidak bisa masuk untuk mengangkut material seperti pasir, semen, besi dan kayu. Bahkan anda bisa membuatnya di tengah hutan.

Yang terakhir yang dibutuhkan hanya keinginan untuk membuat. Jika anda mau membuatnya, maka anda bisa. Karena gratis. Tinggal kerjakan yang bisa anda lakukan.

Jangan menunggu sampai tua mengumpulkan uang sehingga tidak bisa membuat rumah.

Posting Komentar

0Komentar

Komentar Anda

Posting Komentar (0)